Senin, 12 Maret 2012

LIBRIANTIKA OKTAVIANI GUNAWAN

BUKA LES TARI 
Tak habis-habisnya sosok-sosok yang anggun menghiasi dunia seni tari. Salah satunya seperti dara cantik bernama Libriantika Oktaviani Gunawan. Dalam dunia seni tari kiprah alumni Smansa Negara yang satu ini bukanlah sekadar isapan jempol semata. 

Sejenak bila kita cermati bersama, banyak penari berbakat dari almamaternya yang memiliki peluang besar, bahkan hingga diterbangkan ke Negeri Sakura. Kendati remaja yang akrab dipanggil Tika belum pernah mengekor dalam misi pertukaran seni budaya tersebut, namun lesatan perjuangan untuk mempertahankan jati diri sebagai pragina sejati urung redup. 

Tak banyak orang tahu, tepatnya setahun yang lalu sebelum tamat sekolah, Gek Tika sempat melahirkan ide kreatif yang jarang bisa dilakukan para penari remaja yang notabene masih duduk dibangku sekolah. Akan tetapi, dengan dukungan penuh dari orang tuanya, maka sebuah les tari yang diusung secara swadaya pun sempat dibuka penyandang juara tiga Tari Kreasi Baru ‘Gohra Darma Yudha’ pada Pesta Kesenian Bali ke XXV, di rumahnya di bilangan Jalan Yudistira, Banjar Tengah, Jembrana, Bali. 

“Buka les tari sejak aku kelas 3 SMA. Ngajar tari sendirian. Tekad ada atas kemauan sendiri dan restu orang tuaku pula. Aku buka les atas aspirasi para tetangga. Mereka kepengen banget kalau anak-anak mereka diajari menari, berhubung saat ini sekolah mendesak muridnya agar bisa nari dengan baik. Ketika dibuka, langsung dah dibuatin plang “les tari” di depan rumah itu. Dibelikan vcd pluss kaset juga. Sampai garage mobil bapak pun saya manfaatkan juga. Di antara 15 orang anak tetangga ada yang saya ajari tari Tamulilingan, Puspanjali, Cendrawasih dan Sekar Jagat. Tentu saja jenis tarian aku pilah berdasarkan usia dan kemampuan mereka. Aku seneng banget deh pokoknya, serasa jadi guru tari di sekolahan,”curhat peraih juara pertama tari Kidang Kencana tingkat Provinsi beberapa tahun silam ini, belum lama ini. 

Ia menambahkan bahwa kepuasan bathin yang didapat jauh lebih berarti dibandingkan hasil yang dikantongi remaja berusia 18 tahun ini selama ngajar tari secara swadaya. Ia yang sering melibatkan diri dalam event Budaya Nusantara di Bumi Makepung, mengaku dapat mengumpulkan Rp 3.000,00 per kepala dalam satu kali les. Ia juga merasa semakin terhibur bersama anak-anak yang gabung les. Mulai dari kalangan yang belum sekolah hingga yang sudah berstatus murid SMP. Tak hanya itu, nama Gek Tika pun merembet populer di lingkungan warga sekitarnya.

Sementara itu, Gek Tika menyadari bahwa hobi hanyalah sebagai pelengkap dari sebuah cita-cita. Kesadaran ini pulalah yang menghantarkan putri sulung Kade Indra Gunawan dan Putu Dian Eka Erawati melangkah untuk menggapai mimpi menjadi seorang hakim. Sayangnya, karena saat ini ia tengah fokus menjalani studi jurusan hukum di UNUD, maka kegiatan les pun terpaksa dijeda untuk sementara waktu.

“Sebenarnya berat hati harus absen lama ngajar tari. Sejak itu pula adik-adik yang ikut les tari justru tambah kangen belajar menari bareng lagi. Tapi karena aku lama tinggal di Denpasar, yah mau gimana lagi. Tapi, aku sudah bilang kok sama mereka kalau aku pulang ke Negara nanti dalam waktu yang cukup lama, aku selalu siap ngajar mereka menari lagi tanpa harus dibayar deh alias gratis,”kelakar gadis yang hobi nari sejak usia dini. Emagz / yuli astari

3 komentar:

  1. kak yuli cantikk,,
    pasang profilnya coky donk,,
    kan biar ada gtu remaja yg berprestasi di bidang olahraga ..
    prestasinya dia jg kan ga klah hebat sm yg lainnya,,
    sneng mampir di blognya kk,,
    tulisannya kren2 :)

    BalasHapus
  2. coqy (coq agung sanistya rani?)itu sudah dimuat di majalah ekspresi geg....aku blum sempat posting di blog.........karena fotonya, masih dibawa redakturku....ada lagi temen2mu yang lain???? silahkan sms ke nomor hpku ya 085739134433

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa,,
      aq ga sempet baca soalnya,,
      dulu waktu kk ke sekolah wawancara kan pas lg bareng sama dia gitu,,makanya jadi tau..
      coba posting donk kak,,
      tulisan2 kk menarik soalnya,,hehe
      ada sih adk klas ank smansa jg kok kak,
      ntar aq sms :)

      Hapus